Mengenal RAM ( Random Access Memory ) dan Tips Membeli RAM

punya wikipedia brohApasih RAM itu ?  RAM merupakan bagian perangkat keras yang terdapat pada komputer baik itu Pc Maupun Notebook.  Lalu Apasih Fungsinya ? RAM ini Fungsi nya menyimpan memori sementara .

Sekarang lanjut cara kerja RAM dulu. RAM digunakan pada komputer itu untuk menjembatani antara Harddisk dan Cpu.  Harddisk memiliki kapasitas yang sangat besar, tetapi sayangnya hardisk sangat lambat kalau diakses dibandingkan kecepatan cpu itu sendiri.  Nah makanya dikasih jembatan RAM biar cpu hanya akses ke RAM saja ( simplenya begitu ).

Berikut nya kita kenali Jenis-jenis RAM ada yang namanya SDRAM, RDRAM, DDRAM, RDRAM, dan lainnya.  SO-DIMM merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut RAM buat laptop. Nah di artikel ini mau difokusin bagaiman  membeli RAM yang sesuai buat Notebook / PC .

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

Pertama Tentukan dulu mau beli buat PC atau Laptop ( ciri-cirinya kalau RAM buat notebook itu bentuknya pendek kecil imut-imut, kalau PC agak besaran pajang). Nah,ini ada aplikasi yang mudah untuk melihat jenis RAM yang terpasang di Noteboo/pc bisa di lihat gambar :

  1. ram
    Gambar Diatas terlihat bahwa RAM yang di gunakan PC-12800 DDR3 Nah,jika kita udah tahu model nya tinggal beli deh bilang RAM DDR3 berpa GB yang ada inginkan. Atau anda suka bongkar2 ya bisa di buka juga cover nya dan lihat di fisik RAM yang sekarang di pake apakah itu DDR1,DDR2 atau DDR3 . semoga bermanfaat dan jangan Malu bertanya karena orang yang malu bertanya sesat di jalan..:D

2 Responses

  1. […] Mengenal RAM ( Random Access Memory ) dan Tips Membeli RAM […]

  2. […] Mengenal RAM ( Random Access Memory ) dan Tips Membeli RAM […]

Silahkan Tinggalkan Komentar